RSS

MALAIKAT YANG MENDATANGI MAYIT SEBELUM MUNKAR NAKIR DATANG

23 Mar

Sebelum malaikat Munkar dan Nakir datang kedalam kubur orang yang baru meninggal, terlebih dahulu mayit itu didatangi oleh malaikat bernama “Rumman”. Wajahnya bercahaya bagaikan matahari. Lalu ia duduk dan berkata kepada mayit : Tulislah semua yang pernah engkau lakukan baik yang berupa kebajikan, maupun yang berupa kejahatan.

Lalu si mayit berkata : Dengan apa aku menulis, mana qolamku, dawat/tintaku dan tempat tintaku ? Maka malaikat itu berkata: Hendaknya engkau jadikan air liur engkau sebagai tinta , sedangkan jari engkau sebagai qolam.

Lalu mayit itu berkata: Apa yang akan kutulis, sedang aku tidak punya buku. Lalu Nabi saw meneruskan sabdanya: Lalu malaikat itu memotong sebagian dari kafan mayit kemudian memberikannya kepada si mayit. Berkata si malaikat itu : Inilah buku engkau maka sekarang tulislah ! Kemudian si mayit menulis segala perbuatannya yang berbentuk kebaikan, dengan lancar dan senang hati. Namun ketika sampai pada penulisan tentang perbuatannya yang jelek-jelek ia merasa enggan dan malu, serta berhenti menulisnya.

Maka malaikat yang ditugaskan itu berkata: Hai orang yang bersalah, mengapa engkau tidak malu kepada Tuhan yang menciptakan kamu waktu engkau mengerjakannya di dunia ? Padahal hari ini engkau malu kepadaku ? lalu si malaikat itu mengambil gada dan dipukulkan pada si mayit.

Maka si mayit itu berkata : Bebaskan aku, sehingga aku menulisnya. Lalu si mayit menulis segala perbuatannya yang jelek seluruhnya. Kemudian si mayit diperintahkan lagi menggulung, dan menyetempel. Setelah digulung si mayit berkata : Dengan apa aku mengecapnya, padahal padaku tidak ada setempel? Maka si malaikat itu berkata : Setempellah dengan kuku engkau. Dan sesudah selesai, lalu dikalungkannya semua catatan itu pada si mayit, sampai hari kiyamat. Sesudah itu masuklah malaikat Munkar dan Nakir ke dalam kubur si mayit itu.

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Maret 23, 2012 in Subhanallah

 

Tag: , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: