RSS

Malaikat Jibril Pernah Menampakan Diri di Hadapan Para Sahabat Nabi

23 Mar

Ketika kami duduk dekat Rasulullah saw. pada suatu hari maka sekonyongkonyong nampaklah kepada kami seorang laki-laki yang memakai pakaian sangat putih dan berambut hitam, tak terlihat padanya bekas (tanda-tanda) perjalanan dan tak ada seorangpun diantara kami yang mengenalnya, sehingga ia duduk di hadapan Nabi saw.lalu disandarkan lututnya pada lutut Nabi saw. dan meletakkan tangannya di pangkuan Nabi saw. kemudian berkata: Hai Muhammad terangkanlah kepadaku tentang Islam ! Maka jawab Nabi saw : Islam yaitu hendaklah engkau menyaksikan bahwasanya tiada Tuhan melainkan Allah, dan sesungguhnya Muhammad itu pesuruh Allah. Hendaklah engkau mendirikan shalat. Dan mengeluarkan zakat. Dan hendaknya engkau berpuasa dalam bulan Ramadhan dan hendaklah engkau mengerjakan Haji ke Baitullah (Mekah) jika engkau sudah kuasa menjalankannya.

Berkatalah orang itu : Engkau benar. Maka kami heran, ia bertanya dan ia pula membenarkannya.

Maka orang itu bertanya lagi : Terangkanlah kepadaku tentang Iman !

Maka jawab Nabi saw : Hendaklah engkau beriman kepada Allah, kepada Malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, kepada utusan-utusan-Nya, kepada hari Qiyamat, dan beriman pula dengan taqdir baik dan buruk. Orang itu berkata : Engkau benar. Maka ia berkata lagi : Terangkan padaku tentang Ihsan !

Maka jawab Nabi saw. : Hendaklah engkau beribadah (mengabdi) kepada Allah, seakan-akan engkau melihat kepada-Nya, sekalipun engkau tak dapat melihat-Nya, maka sesungguhnya ia melihat engkau.

Tanya orang itu lagi : Beritahukanlah aku tentang hari kiyamat, Jawab Nabi : Orang yang ditanya tentang itu tidak lebih mengetahui dari si penanya. Orang itu selanjutnya bertanya lagi: Terangkanlah kepadaku tentang tanda-tandanya. Jawab Nabi : Diantaranya, jika seorang hamba (budak) telah melahirkan tuannya (majikannya). Dan jika engkau melihat orang yang tadinya miskin papa, berbaju cumpang-camping, sebagai pengembala kambing, sudah berubah menjadi orang yang mampu hingga berlomba-lomba dalam kemegahan bangunan.

Kemudian pergilah orang itu. Setelah aku diam sejenak, kemudian Nabi bersabda: Wahai Umar, tahukah engkau siapa yang bertanya tadi ? Jawabku : Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahuinya. Nabi saw. bersabda : Dia itu adalah Jibril, dia datang untuk mengajarkan tentang agamamu.

(H.R. Muslim)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Maret 23, 2012 in Subhanallah

 

Tag: , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: