RSS

1001 Bahaya Rokok

09 Mar

Bismillahirohmanirohim

 

Assalamu alaikum Wr.Wb.

Bapak Kepala SMAN 1 Kuningan yang saya hormati

Guru-guru pengajar beserta Staf Tata Usaha yang saya hormati

Rekan-rekan beserta adik-adikku yang saya cintai dan yang saya banggakan

 

Pertama-tama dan yang paling utama marilah kita panjatkan syukur kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat, berkah dan karunia Nyalah kita bisa berkumpul bersama pada kesempatan yang berbahagia ini, yaitu dalam acara Bakti Sosial SMAN 1 Kuningan. Sholawat beserta salam semoga tetap tercurah limpah kepada junjungan kita nabi besar, nabi akhir zaman, Nabi Muhammad SAW, beserta para keluarganya, para sahabatnya dan kita sebagai umatnya yang Insyaallah selau taat pada ajarannya hingga akhir jaman.

Hadirin yang terhormat,

Pada kesempatan yang berbahagia ini izinkanlah saya menyampaikan beberapa informasi melalui pidato saya yang bertemakan “1001 bahaya rokok”.

Perilaku hidup bersih dan sehat yang menjadi kebutuhan dasar dari kesehatan masyarakat, salah satu aspeknya adalah tidak adanya orang di sekitar kita yang merokok. Namun dalam kehidupan sehari-hari masih selalu kita jumpai orang-orang yang merokok. Bahkan dapat dikatakan tiada hari tanpa asap rokok. Kebiasaan merokok sangat merugikan diri sendiri dan juga orang lain di sekitarnya. Mengapa demikian ? karena rokok merupakan sebuah batang yang didalamnya terkombinasikan beribu-ribu racun. Setiap kali menghirup rokok, entah sengaja ataupun tidak, berarti kita telah menghisap kurang lebih 4000 macam zat beracun. Dengan kata lain, betapa bodohnya seorang perokok yang dengan sukarelanya memasukkan racun tersebut ke dalam tubuhnya sendiri, terutama paru-paru. Saat ini jumlah perokok, terurama kaum remaja, semakin bertambah tiap tahunnya.

Padahal efek buruk dari merokok sudah diketahui dengan jelas. Merokok akan meningkatkan resiko terjadinya berbagai penyakit yang sangat mematikan.

Pertama, dapat berdampak buruk bagi kesehatan paru-paru. Kebiasaan merokok dapat merubah struktur, fungsi dan jaringan paru-paru. Perubahan tersebut akan menyebabkan timbulnya kanker paru-paru, kemungkinan timbulnya kanker paru-paru bagi perokok.

Kedua, merokok juga dapat merusak kinerja dari jantung dan akan menyebabkan jantung koroner serangan jantung atau bahkan stroke. Berbagai penelitian telah membuktikan adanya hubungan merokok dengan penyakit tersebut.

Jadi apabila rekan-rekan berkeinginan untuk mati mendadak, silahkan merokok, tetapi apabila rekan-rekan sayang terhadap umur, maka jauhilah rokok.

Ketiga, merokok dapat berdampak buru bagi kesehatan sistem reproduksi. Merokok dapat menyebabkan rusaknya sistem reproduksi seseorang mulai dari masa pubertas hingga dewasa nanti.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa wanita perokok kecil kemungkinannya untuk mendapat keturunan dan bagi laki-laki akan beresiko terjadinya infertil (tidak subur) serta terjadinya kerusakan DNA pada sel sperma. Sedangkan bagi wanita hamil sangat besar terjadinya keguguran. Bahkan bagi wanita dengan mengkonsumsi rokok akan menyebabkan terjadinya monopouse dini.

Selain itu masih banyak dampak buruk dari merokok, diantaranya menyebabkan kanker rongga mulut, kanker laring, kanker esfagus, impotensi, dan lain-lain.

Bahkan Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah memberikan peringatan bahwa dalam dekade 2010-2030, rokok akan membunuh 10 juta orang per tahun dan 70% terjadi di negara berkembang.

Hadirin yang terhormat,

Di dalam rokok terdapat + 4000 zat beracun yang banyak diantaranya bersifat karsinogenetik (penyebab kanker). Diantara sekian banyak zat berbahaya tersebut ada beberapa zat yang bisa dikatakan paling bahaya, yaitu :

Nikotin, nikotin adalah zat bersifat candu yang dapat meracuni saraf tubuh, meningkatkan tekanan darah, dan menimbulkan penyempitan pembuluh darah.

Karbon monoksida, CO dan berikatan dengan hemoglobin dalam eritosit, hemoglobin seharusnya berikatan dengan O2, namun karena CO lebih kuat maka CO akan merebut tempat di sisi hemoglobin. Kadar CO dalam darah bukan perokok kurang dari 1%, sementara dalam darah perokok mencapai 4-15% dan akan terus berlipat-lipat.

Tar, zat dalam rokok yang bersifat sangat karsinogen.

 

Hadirin yang berbahagia,

Sekarang pakai logika kita, apabila seorang remaja telah menjadi pecandu rokok saat menginjak bangku SMA bahkan SMP. Dan dia menghabiskan 1 bungkus rokok perhari dan kita misalkan harga 1 bungkus rokok Rp. 10.000.- bayangkan berapa uang yang telah dibakar secara percuma untuk membeli rokok ketika telah dewasa nanti? Apabila uang tersebut ditabung mungkin bisa membeli sebuah rumah mewah.

Apa untungnya kita meletakan batang rokok diantara sela-sela jari kita? Lebih baik apabila kita meletakan sebuah pensil diantara jari-jari kita. Kemudian kita menggoreskan kreativiras kita di atas sebuah kertas, niscaya akan lebih bermanfaat.

Oleh karena itu, marilah kita jauhkan diri kita dan keluarga kita dari rokok. “Matikanlah rokok sebelum rokok mematikan kita”.

Demikian penjelasan mengenai 1001 bahaya rokok. Semoga apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat bagi kita smua. Tiada gading yang tak retak begitupun dengan saya, oleh karena itu mohon maaf apabila terdapat kekurangan dan kesalahan

Terimakasih atas perhatian rrekan-rekan.

 

Wassalamu alaikum wr.wb.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Maret 9, 2012 in pidato

 

Tag: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: